Kesalahan-Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika

Kesalahan-kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika

Kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika berdasarkan kawasan kognitif yang diidentifikasi mencakup tiga aspek yaitu : aspek pengetahuan/ingatan, aspek pemahaman, dan aspek penerapan/aplikasi. Menurut Soedjadi (2000 : 94), dari kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh siswa berdasarkan tujuan pembelajaran matematika pada Operasi Bentuk Aljabar dapat diklasifikasikan beberapa bentuk kesalahan, diantaranya :

  1. Kesalahan prosedur dalam menggunakan algoritma (prosedur pekerjaan). Misalnya, kesalahan melakukan operasi hitung.
  2. Kesalahan dalam mengorganisasikan data Misalnya, kesalahan menuliskan apa yang diketahui, apa yang ditanyakan dari suatu soal. Kesalahan mengurutkan, mengelompokkan dan menyajikan data.
  3. Kesalahan dalam pemanfaatan simbol, tabel dan grafik yang memuat suatu informasi.
  4. Kesalahan dalam melakukan manipulasi secara matematis. Misalnya, kesalahan dalam menggunakan/menerapkan aturan, sifat-sifat dalam menyelesaikan soal.
  5. Kesalahan dalam membuat kalimat atau model matematika. Misalnya, kesalahan dalam menterjemahkan kalimat cerita menjadi Operasi Bentuk Aljabar.
  6. Kesalahan dalam menarik kesimpulan. Misalnya, kesalahan dalam menuliskan kesimpulan dari persoalan yang telah mereka kerjakan.

 

By izoelsyifa Posted in Ilmu

5 comments on “Kesalahan-Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s