Belajar dan Hasil..??

Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk mencapai suatu perubahan sikap maupun tingkah laku yang baik yang bersifat keseluruhan sebagai hasil interaksi dan pengalaman individu dengan lingkungan (Slameto, 1991). Menurut Purwanto (1990) belajar merupakan perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan kematangan yang terjadi melalui latihan dan pengalaman berdasarkan teori di atas dapat disimpulkan belajar adalah usaha yang dilakukan seseorang perubahan dalam tingkah laku sebagai hasil dari melakukan aktifitas tertentu.

Hasil belajar pada hakekatnya adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar, mencakup 3 ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor, Sudjana (2000). Sedangkan Dimyati (2000) berpendapat hasil belajar adalah hasil yang dicapai dalam bentuk angka­-angka atau skor melalui tes hasil belajar di akhir pembelajaran. Menurut Travers dalam Sudjana (2000) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu proses yang menghasilkan penyesuaian tingkah laku. Beliau membedakan belajar menjadi dua macam yaitu pertama, belajar sebagai proses dan kedua belajar sebagai hasil. Dalam hubungan ini belajar sebagai hasil merupakan akibat wajar dari belajar sebagai proses. Dengan kata lain proses belajar menyebabkan hasil belajar. Belajar merupakan suatu cara yang digunakan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman yang baru. Keberhasilan dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa, dan hasil yang dicapai selalu meningkat atas dasar bahan pelajaran yang dipahami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s