PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN

PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN
Ilmu pengetahuan adalah suatu uraian yang sistematis dan metodis tentang suatu hal atau masalah.Setelah melihat pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa syarat ilmu pengetahuan sebagai berikut:

  1. Ilmu pengetahuan harus ada obyeknya Adapun obyek ilmu pengetahuan adalah obyek material dan formal. Obyek matrial adalah bahan yang menjadi sasaran suatu ilmu pengetahuan sedangkan obyek formal adalah sudut pembahasan suatu ilmu pengetahuan, misal: ilmu jiwa dan ilmu manusia yang kwdua macam ilmu pengetahuan itu mempunyai obek material sama (manusia), akan tetapi obyek formalnya berbeda. Oleh karena itu obyek material ilmu pengetahuan dapat sama sedang obyek formalnya berbeda.
  2. Ilmu pengetahuan harus metodis : ilmu pengetahuan dalam mengdakan pembahasan serta penyelidikan untuk suatu ilmu pengetahuan harus menggunakan metode yang ilmiah.
  3. Ilmu pengetahuan harus sistematis.
  4. Harus mempunyai dinamika : ilmu pengetahuan harus tumbuh dan berkembang untuk mepunyai kesempuranaan.
  5. Harus praktis : ilmi pengetahuan harus berguna dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Harus diabadikan untuk kesejahteraan manusia.

Kedudukan ilmu pendidikan itu berada di tengah-tengah ilmu yang lain. Ilmu pendidiakan ialah suatu llmu pengetahuan yang membahas masalah yang behubungan dengan pendidikan, syarat ilmu pendidikan adalah bersifat teoritis, praktis, dan normatif.

Syarat Ilmu Pengetahuan

  • Ilmu pengetahuan adalah uraian yang sistematis, metodis tentang suatu masalah.
  • Ilmu Pengetahuan Suatu Ilmu
  • Karena ilmu pendidikan mempunyai obyek, metode dan sistematis.
  • Kedudukan Ilmu Pendidikan
  • Kedudukannya di tengah-tengah ilmu pengetahuan yang lain.
  • Sifat Ilmu Pendidikan
  • Sifat ilmu pendidikan adalah praktis, teoritis dan normatif.
  • Obyek Ilmu Pendidikan
  • Obyek ilmu pendidikan adalah anak didik, pendidik, materi, metode, evaluasi, alat pendidikan, lingkungan dan dasar pendidikan.
  • Ilmu bantu ilmu pendidikan
  • Ilmu bantu ilmu pendidikan adalah ilmu biologi, ilmu jiwa dan ilmu-ilmu sosial.

Syarat – Syarat Ilmu Pengetahuan

  • Suatu ilmu pengetahuan harus memenuhi tiga persyaratan pokok dan beberapa persysaratan tambahan. Diantaranya:
  • Persyaratan pokok
  • Suatu ilmu harus mempunyai obyek tertentu
  • Suatu ilmu pengetahuan harus menggunakan metode – metode yang sesuai
  • Suatu ilmu pengetahuan harus menggunakan sistematika tertentu

Persyaratan tambahan

  • Suatu ilmu pengetahuan harus mempunyai dinamika
  • Suatu ilmu pengetahuan harus praktis
  • Suatu ilmu pengetahuan harus diabdikan untu kesejahteraan umat manusia

Ilmu Pendidikan Sebagia Ilmu
Setelah kita tahu apa yang menjadi persyaratan suatu ilmu pengetahuan. tentunya kita mengetahui bahwa ilmu pendidikan telah memenuhi persyaratan – persyaratan tersebut.
Ilmu pendidikan mempunyai obyek , metode, dan systematika . tidak hanya itu ilmu pendidikan juga telah memenuhi persyaratan tambahan lainnya. Misal, praktis, dinamika dan tentunya diabdikan untuk kesejahteraan umat manusia.

Kedudukan Ilmu Pendidikan
Guna mempermudah untuk mengetahui kedudukan ilmu pendidikan, coba kita perhatikan bagan berikut.
Ilmu pengetahuan
Matematika

  • – Ilmu Berhitung
  • – Ilmu Aljabar
  • – Ilmu Ukur
  • – Ilmu Mekanik

Fisika

  • – Ilmu Alam
  • – Ilmu Kimia
  • – Geologi
  • – Mineralogi

Biologi

  • – Botani
  • – Zoologi
  • – Antropologi
  • – Etnologi

Social sciences

  • – Ilmu Jiwa
  • – Ilmu Logika
  • – Ilmu Ethika
  • – Ilmu Hukum
  • – Ilmu Ekonomi
  • – Ilmu Pendidikan
  • – Sosiologi

Metafisika

  • Ontologi
    Antropologi Filsafat
    Cosmologi
    Theodicee

Dari bagan diatas maka kita ketahui bahwa kedudukan ilmu pendidikan terletak di tengah – tengah ilmu – ilmu yang lain.

Sifat – Sifat Ilmu Pendidikan
Ilmu pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang membicarakan masalah – masalah yang berhubungan dengan pendidikan. Sebagai mana setiap ilmu mempunyai siafatnya masing – masing begitu juga dengan ilmu pendidikan.
Sifat ilmu pendidikan diantaranya :

– Teoritis
– Praktis
– Normatif
Obyek – Obyek Ilmu Pendidikan
Adapun obyek dari ilmu pendidikan yaitu :

  • Anak Didik
  • Pendidik
  • Materi Pendidikan
  • Metodologi Pengajaran
  • Evaluasi Pengajaran
  • Alat – Alat Pendidikan
  • Milieu Atau Lingkungan Sekitar
  • Dasar Dan Tujuan Pendidikan

Ilmu – Ilmu Bantu Ilmu Pendidikan
Ilmu bantu yang diperlukan dalam ilmu pendidikan antara lain :
Ilmu – Ilmu Biologi, misal; Embriologi, Anatomi, Fisiologi dan lain sebagainya.
Ilmu jiwa, misal; Ilmu Jiwa Umum, Ilmu Jiwa Perkembangan, Ilmu Jiwa Social.
Ilmu – Ilmu Social, misal; Social, Ekonomi, Hukum, dan lain sebagainya.

 

Tugas Individu :

  1. Ilmu pendidikan adalah bersifat teoritis, praktis, dan normatif. Jelaskan pernyataan berikut !
  2. Dilihat dari kedudukannya bahwa ilmu pendidikan berada di tengah-tengah ilmu pengetahuan yang lain. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!
  3. Adapun obyek dari ilmu pendidikan yaitu : Anak Didik, Pendidik, Materi Pendidikan, Metodologi Pengajaran, Evaluasi Pengajaran, Alat – Alat Pendidikan, Milieu (Lingkungan Sekitar), Dasar Dan Tujuan Pendidikan. Jelaskan masing-masing objek tersebut !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s