All About Mathematics

Dunia pendidikan saat ini sedang dihadapkan pada dua masalah besar, yaitu mutu pendidikan yang rendah dan sistem pembelajaran di sekolah yang kurang memadai. Dua hal tersebut sangat bertentangan dengan tuntutan era globalisasi yang ditandai dengan AFTA 2003 yang menuntut pendidikan agar memiliki pendidikan yang tanggap terhadap situasi persaingan global dan memiliki pendidikan untuk dapat membentuk pribadi yang mampu belajar seumur hidup.

Krisis pendidikan yang melanda bangsa Indonesia saat ini membuat kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua dan pihak sekolah yang telah dipercaya sebagai lembaga pendidik. Lemahnya tingkat berfikir siswa menjadi sebuah tantangan besar bagi para pendidik. Oleh karena itu guru dituntut harus mampu merancang dan melaksanakan program pengalaman belajar dengan tepat agar siswa memperoleh pengetahuan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna disini berarti bahwa siswa akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata.

Salah satu sistem yang dapat diterapkan yakni siswa belajar dengan “melakukan”. Selama proses “melakukan” tersebut mereka akan memahami dengan lebih baik dan menjadi lebih antusias di kelas. Menurut Sutirjo dan Mamik (2004), dalam proses pembelajaran perlu memadukan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain dalam satu tema. Alasan pertama yang mendasari hal ini adalah karena latar belakang empiris. Kenyataan dalam kehidupan sehari-hari tidak satupun fenomena alam yang terjadi secara terpisah atau berdiri sendiri, namun justru bersifat kompleks dan terpadu. Alasan kedua, yaitu tuntutan dan perkembangan iptek yang begitu pesat dan kompleks, secara ilmiah membutuhkan penyikapan secara realistis. Dengan demikian, peningkatan kualitas pembelajaran dan bahan ajar di sekolah harus diperkaya dengan kenyataan hidup dan tuntutan zaman.

Bahan Ajar Matematika :

Filsafat Matematika

Modul Matematika pembelajaran trigonometri

FILSAFAT MATEMATIKA

TRIGONOMETRI BARU

Aliran matematika

Penerapan Trigonometri

Sejarah Trigonometri

Pengantar Teori Himpunan

Teori Himpunan

Himpunan-1

Geometri Analitik

Kapsel Geometri Datar

Kapsel Geometri Ruang

Pengantar Struktur Diskrit

Logika

Research Methods

PEDOMAN PENELITIAN KUALITATIF

Bahan Ajar Matematika SMP :

1. BIL BULAT

2. RELASI DAN FUNGSI

3. SEGITIGA SEGIEMPAT

4. LINGKARAN

5. PERSAMAAN GARIS

7. BANGUN RUANG SISI DATAR

8. KESEBANGUNAN

9. BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

10. STATISTIKA

11. PELUANG

AHaP PJ-40.5 v2-5

03. Anabutis PJ-50

6 comments on “All About Mathematics

  1. Ping-balik: Matematika dalam Islam « Izoel Syifa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s